Sabtu, 30 Juli 2016

Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran Berbasis Proyek
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Inovatif II


Dosen Pengampu Mata Kuliah : Lestariningsih, S.Pd, M.Pd
Oleh
NOVITASARI      (1431060)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) PGRI
SIDOARJO
2016

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
·         Pengertian
Pembelajaran berbasis proyek atau tugas adalah metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Pembelajaran berbasis proyek/tugas (project-based/task learning) membutuhkan suatu pendekatan pengajaran komprehensif di mana lingkungan belajar siswa didesain agar siswa dapat melakukan penyelidikan terhadap masalah-masalah autentik termasuk pendalaman materi dari suatu topik mata pelajaran, dan melaksanakan tugas bermakna lainnya. Pendekatan ini memperkenankan siswa untuk bekerja secara mandiri dalam mengkostruksikannya dalam produk nyata (Buck Institue for Eduction, 2001).
·         Karakteristik
Pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi yang besar untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa ( Gear, 1998). Sedangkan menurut Buck Institute For Education (1999)dalam Made (2000, 145) belajar berbasis proyek memiliki karakteristik yaitu  :
1.      Siswa membuat keputusan dan membuat kerangka kerja.
2.      Terdapat masalah yang pemecahannya  tidak ditentukan sebelumnya.
3.      Siswa merancang proses untuk mencapai hasil.
4.      Siswa bertanggunga jawab untuk mendapatkan dan mengelola informasi yang dikumpulkan.
5.      Siswa melakukan evaluasi secara kontinu.
6.      Siswa secara teratur melihat kembali apa yang meraka kerjakan.
7.      Hasil akhir berupa produk dan di evaluasi kualitasnya.
8.      Kelas memiliki atmosfir yang memberikan toleransi kesalahan dan perubahan.
·           Prinsip
1.        Prinsip sentralistis
Prinsip ini menegaskan bahwa kerja proyek merupakan esensi dari kurikulum. Model ini merupakan pusat strategi pembelajaran, dimana siswa belajar konsep utama dari suatu pengetahuan melalui kerja proyek.
2.        Prinsip pertanyaan pendorong
Prinsip ini menegaskan bahwa kerja proyek berfokus pada “pertanyaan atau permasalahan” yang dapat mendorong siswa untuk berjuang memperoleh konsep atau prinsip utama suatu bidang tertentu.
3.        Prinsip investigasi konstruktif
Perinsip investigasi konstruktif merupakan proses yang mengarah kepada pencapaian tujuan, yang mengandung kegiatan inkuiri, pembangunan konsep dan resolusi.
4.        Prinsip otonom
Prinsip otonomi dalam pembelajaran berbasis proyek dapat diartikan sebagai kemandirian siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, yaitu bebas menentukan pilihannya sendiri, bekerja dengan minimal supervisi dan bertanggung jawab.
5.        Prinsip realistis
Prinsip realistis berarti bahwa proyek merupakan sesuatu yang nyata, bukan seperti di sekolah.
·         Langkah Pembelajaran
1.      Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question).
2.      Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project.
3.      Menyusun Jadwal (Create a Schedule).
4.      Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project).
5.      Menguji Hasil (Assess the Outcome).
6.      Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)
·         Kelebihan
1.      Meningkatkan motivasi.
2.      Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
3.      Meningkatkan kolaborasi.
4.      Meningkatkan keterampilan mengelola sumber.
5.      Increased resource – management skill
·         Kekurangan
1.      Kebanyakan permasalahan “dunia nyata” yang tidak terpisahkan dengan masalah kedisiplinan , untuk itu disarankan mengajarkan dengan cara melatih dan menfasilitasi peserta didik dalam menghadapi masalah .
2.      Memerlukan banyak waktu yang harus diselesaikan untuk menyelesaikan masalah.
3.      Memerlukan biaya yang cukup banyak.
4.      Banyak peralatan yang harus disediakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar